Artikel kali ini saya khususkan untuk rekan-rekan teknisi ponsel, untuk kamu yang bukan teknisi juga mungkin bisa mengikuti artikel ini agar menambah wawasan atau mungkin saja kedepannya kamu akan menjadi seorang teknisi ponsel, siapa yang tau hehe..

Pada artikel kali ini, saya akan berbagi solusi untuk HP Nokia 230 (RM-1172) yang tidak bisa melakukan pengisian daya atau disebabkan karena putusnya jalur vbus (+) pada plug in chargernya.
Jalur vbus mengambil peranan penting dalam proses pengisian daya pada ponsel, karena hanya lewat jalur tersebutlah ponsel dapat terkoneksi ke charger sehingga dapat melakukan pengisian. Putusnya jalur tersebut tentu akan membuat ponsel tidak akan terkoneksi dengan charger manapun.

Bagaimana cara mengetahui letak jalur VBUS serta analisanya?
Pada umumnya jalur vbus terletak di ujung-ujung pin pada plug in charger ponsel, untuk mengetahui letak jalur vbus, tentulah perlu dilakukan pembongkaran pada ponsel.
Setelah itu gunakan multitester
Digital
  • Ukur nilai hambatan masing-masing ujung pin dari plug in charger, jika menemukan satu hambatan ground dan satu hambatan yang mengeluarkan nilai atau tidak mengeluarkan nilai. Maka hambatan yang mengeluarkan nilai atau tidak mengeluarkan nilai tersebutlah jalur vbus nya.
(jika kedua ujung-ujung pinnya ground, maka kemungkinan besar terjadi short pada jalur vbusnya dan perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut, jika mengeluarkan hambatan, maka jalur vbus tidak putus, tetapi jika tidak tidak mengeluarkan hambatan, itu berarti jalur vbus nya putus.)

Analog
  • Hal yang sama juga berlaku pada multitester analog, akan lebih maksimal jika kamu menggunakan multitester digital.

Dan berikut adalah tidakkan penjumperan yang saya lakukan ke jalur vbus yang putus yang terjadi pada Nokia 230 (RM-1172) ini.


Silahkan dicoba dijumper

Demikianlah Cara Mengatasi Nokia 230 (RM-1172) Tidak Bisa Cas/Putus Jalur Vbus, terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasinya membantu dan bermanfaat.